Sensasi Pedas Ayam Bejek Ala Restoran Puspamaya

Editor's Choice

Sensasi Pedas Ayam Bejek Ala Restoran Puspamaya

Puspamaya, Restoran Harga Rakyat Kualitas Hotel Bintang Empat

Editor's Choice

Puspamaya, Restoran Harga Rakyat Kualitas Hotel Bintang Empat

TP Stage The Papandayan Hotel Rayakan Ulang Tahun Pertama

Editor's Choice

TP Stage The Papandayan Hotel Rayakan Ulang Tahun Pertama

Ayo Cicipi Tape Ketan Khas Harper Puwakarta

Editor's Choice

Ayo Cicipi Tape Ketan Khas Harper Puwakarta

Meriahkan West Java Eco Marathon 2017, Agro Wisata N8 Berikan Diskon Istimewa

Editor's Choice

Meriahkan West Java Eco Marathon 2017, Agro Wisata N8 Berikan Diskon Istimewa

Gerakan Pungut Sampah dan Edukasi Perda K3 dari Dafam Hotel Management
Oleh Eneng Reni Nuraisyah Jamil, pada Nov 23, 2017 | 19:01 WIB
Gerakan Pungut Sampah dan Edukasi Perda K3 dari Dafam Hotel Management
Tim Dafam Hotel Management bekerja sama dengan komunitas dan relawan Gerakan Pungut Sampah melakukan giat pungut sampah dan edukasi Perda K3 di area Car Free Day (CFD) Dago pada 19 November 2017.

BANDUNG, AYOHOTEL.CO -- Dalam rangka ikut berperan aktif menyukseskan program Bandung Juara, Dafam Hotel Management (DHM) bekerja sama dengan komunitas dan relawan Gerakan Pungut Sampah melakukan giat pungut sampah dan edukasi Perda K3 di area Car Free Day (CFD) Dago pada 19 November 2017.

Pada hari itu, Car Free Day Dago pun tampak  berbeda dari biasanya. Pasalnya, dukungan tim Dafam Hotel Management (DHM) dengan seragam berwarna pink membuat suasana lebih berwarna.

Tim DFM memulai gerakan bersama ini dengan briefing terlebih dahulu di depan salah satu SMA terkenal di Banudng pada jam 7.30WIB. Acara pembukaan ini diisi dengan berdoa bersama, pembagian alat kebersihan termasuk sarung tangan plastik, dan dilanjutkan dengan berjalan kaki ke arah Taman Cikapayang.

Menariknya beberapa orang membawa serta keluarganya untuk ikut serta dalam kegiatan ini termasuk anak–anaknya. Dari Taman Cikapayang tim DFM lantas bergerak ke arah atas menuju Jalan Simpang Dago melewati RS Santo Borromeus, kemudian memutar arah kembali ke titik kumpul pertama.

Pelanggaran Perda K3 yang masih ditemukan pada hari itu adalah menyimpan sampah sembarangan, membagikan brosur, merokok, kendaraan roda dua yang melintas area Car Free Day dengan menyalakan mesinnya dan mobil yang parkir di trotoar.

"Total sampah yang terpungut sebanyak 12 Kg (sampah campur)," kata General Manager of Area (West Java) dari Dafam Hotel Management, Irawan Trimulia melalui keterangan resminya yang diterima Ayohotel, Kamis (23/11/2017).

Gerakan Pungut Sampah ini adalah program yang awalnya diluncurkan oleh Wali Kota Bandung, Ridwan Kamilpada saat memperingati Hari Lingkungan Hidup di Lapangan Tegalega Bandung pada 23 Juni 2014. Program ini akhirnya berjalan baik karena bisa mengubah kultur masyarakat untuk lebih mencintai Kota Bandung.

Gerakan Pungut Sampah ini pun adalah salah satu upaya Kota Bandung agar warganya dapat membiasakan diri untuk menjaga kebersihan di lingkungannya dengan cara menyediakan waktu 10 hingga 30 menit untuk memungut sampah di lingkungan sekitarnya. Minimal di radius 100–300 meter. Diharapkan kegiatan tersebut menjadi cara baru warga Kota Bandung dalam mencintai kotanya.

Pada awalnya, Gerakan Pungut Sampah ini diterapkan tiga hari dalam satu minggu, yaitu setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat di lingkungan SKPD Kota Bandung dan sekolah–sekolah. Gerekan moral ini akhirnya berkembang ke tempat fasilitas umum seperti Alun–Alun, area Car Free Day dan tempat–tempat lainnya.

Dengan relawan yang juga semakin bertambah banyak, harapannya anak-anak, remaja dan warga Kota Bandung lainnya yang mengikuti kegiatan ini bisa mengubah aksi memungut sampah di lingkungan sekitar menjadi sebuah budaya rutin atau perubahan perilaku.

Bagi Dafam Hotel Management, kata Irawan, Gerakan Pungut Sampah dan edukasi Perda K3 menjadi salah satu sarana edukasi publik agar semakin peduli dan lebih mencintai lingkungan sendiri mulai dari lingkungan terkecil, salah satunya di lingkungan kerja.

"Ke depannya diharapkan tim dari Dafam Hotel Management dapat menjadi agen-agen perubahan untuk kota yang lebih nyaman, lebih bersih dan makin dicintai," pungkas Irawan. 
 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600